Bilbao – Cristiano Ronaldo membuktikan sekali lagi kalau dia tidak hanya piawai dalam urusan mencetak gol, tapi juga bisa memberi assist untuk rekan-rekannya.

Ronaldo untuk delapan musim berurutan masih jadi andalan Madrid dalam mencetak gol. Musim ini torehan golnya telah mencapai 26 gol dari 34 penampilan di seluruh kompetisi.

Rasio gol itu terbilang buruk untuk Ronaldo yang memang di setiap musimnya selalu mencetak minimal 50 gol per musimnya. Ini tak lepas dari kelelahan yang didapat usai tampil di Piala Eropa lalu serta cedera lutut yang sempat menghantam di sesi pramusim lalu.

Padahal lawan abadinya, Lionel Messi, sudah bikin 41 gol saat bikin dua gol ke gawang Valencia dinihari WIB tadi. Namun, Ronaldo di musim ini tak cuma berperan sebagai mesin gol.

[ Baca juga: Messi Selalu Bikin Minimal 40 Gol di Delapan Musim Berturut-turut ]

Pada laga kontra Athletic Bilbao hari Sabtu lalu, Ronaldo punya andil dalam hadirnya dua gol Madrid. Pertama adalah umpan tariknya yang dimanfaatkan Karim Benzema jadi gol, lalu yang kedua saat sundulannya diteruskan Casemrio untuk jadi gol penentu kemenangan.

Total sudah 11 assist dibuat Ronaldo dan menjadikannya pemain Madrid pertama melakukannya musim ini. Dengan torehan 26 gol dan 11 assist, Ronaldo hanya mampu disamai oleh Trio MSN Barca atau Antoine Griezmann.

Ini meneruskan rentetan dobel digit gol dan assist Ronaldo yang sudah berlangsung selama tujuh musim berurutan. Hanya di musim 2009/2010 dia gagal bikin dobel digit assist yakni tujuh assist.

Sejak tahun 2008, hanya ada tujuh pemain Madrid yang mampu mencetak minimal 10 gol dan 10 assist semusim yakni Karim Benzema (empat kali), Gareth Bale (tiga kali), Mesut Oezil (dua kali), serta James Rodriguez, Angel Di Maria, dan Gonzalo Higuain masing-masing sekali.

(mrp/krs)


NO COMMENTS