Jakarta – Ezra Walian di ambang debut berseragam tim nasional Indonesia U-22. Di masa lalu ia pernah punya debut manis bersama timnas Belanda U-17.

Pemain berdarah Indonesia-Belanda tersebut siap tampil memperkuat timnya Luis Milla dalam laga ujicoba lawan Myanmar, Selasa (21/3/2017) sore WIB, setelah mengantongi Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasinya.

Publik Indonesia tentu berharap Ezra dapat memperlihatkan aksi terbaik, atau paling tidak potensi, dalam penampilan perdana balutan seragam ‘Skuat Garuda’. Pemain Jong Ajax itu setidaknya pernah punya debut mantap dengan timnas Belanda U-17 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2014 untuk level usia tersebut, sebagaimana dicatat Soccerway dan Transfermarkt.

Pada saat itu Ezra sudah duduk di bench dalam pertandingan pertama timnas Belanda U-17 dalam laga pertama kualifikasi Grup 11 lawan Kepulauan Faroe tanggal 17 Oktober 2013. Tapi ia tak main di laga yang dimenangi timnya dengan skor 4-0 tersebut.

Kesempatan tampil Ezra baru terjadi di laga kedua ketika menghadapi tim San Marino U-17. Dalam pertandingan tanggal 19 Oktober 2013 itu, Ezra yang masih berusia 15 tahun, 11 bulan, dan 27 hari dalam menjalani debutnya.

[Baca juga: Mengenal Ezra Walian, Pemain Muda Ajax Berdarah Manado]

Ezra, yang masuk menggantikan Marlon Slabbekoorn pada menit ke-41, tampil cemerlang dalam debutnya ketika itu dengan mencetak lima gol. Gol pertamanya lahir di menit ke-52, membuahkan gol kelima untuk timnya.

Setelah itu Ezra berhasil mencetak tiga gol tambahan secara berturut-turut di menit ke-64, 66, dan 68. Gol kelima ia cetak di menit ke-76, yang menjadi gol ke-11 timnya. Timnas Belanda U-17 akhirnya unggul 12-0.

Ezra kemudian mendapat kesempatan tampil di laga berikutnya melawan Georgia U-17 sejak menit pertama. Tapi di pertandingan yang dimenangi timnya dengan skor 1-0 ini dia tidak mencetak gol dan ditarik keluar pada menit 54.

Meski berhasil mencetak lima gol di babak kualifikasi, Ezra yang bisa bermain di posisi ujung tombak tunggal dan ujung tombak saya ini tidak disertakan dalam skuat untuk putaran final Piala Eropa U-17.

Situs Transfermarkt juga memberikan estimasi nilai Ezra bersama Jong Ajax, tim kedua Ajax, pada saat ini. Ia ditaksir bernilai 75 ribu euro, atau sekitar Rp 1 miliar, per 2 Februari 2017.

(krs/raw)


NO COMMENTS